KURNIA WIN ADZANY


Supposed to be worth!

SEGMENTASI PEMASARAN

Segmentasi Pasar dan Dasar-Dasarnya

 

1. Pengertian Segmentasi Pasar dan Dasar-Dasarnya

 

Dalam Wikipedia Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.

 

2. Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar

 Dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:

a)      Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen: 

-Variabel geografi

Variabel tersebut, antara lain mencakup: wilayah, ukuran daerah,  dan iklim.

-Variabel demografi

Variabel tersebut, antara lain: pendapatan suatu keluarga, umur, pendapatan, dan pendidikan.

-Variabel psikologis

Variabel tersebut, antara lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.

-Variabel Perilaku Pembeli

Variabel tersebut, antara lain: manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.

 

b)      Dasar-Dasar segmentasi pada Industri

 

Tahap Pertama: Menentukan banyaknya pelanggan, lokasi, dan yang berhubungan dengan industry.

Tahap kedua: Melihat sikap mereka terhadap Konsumen, Kepuasaan Konsumen, Cara melayani.

 

c)       Syarat segmentasi Pasar

Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu :

-Dapat diukur

-Dapat dicapai

-Cukup besar atau cukup menguntungkan

-Dapat dibedakan

-Dapat dilaksanakan

 

3. Pendapat Saya Terhadap Topik

 

Sangat menguntungkan, dengan adanya  Segmentasi Pasar ini penjual dan produsen sama-sama memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan pemasaran, dan dapat menggunakan pengetahuannya untuk untuk merespon kegiatan pemasaran, sehingga anggaran lebih tepat dan efisien.

 

4. Implementasi terhadap masyarakat

Dengan adanya Segmentasi Pemasaran, produk lebih mudah dikenal oleh khalayak. Oleh karena itu, Indonesia sendiri harus lebih cerdik melakukan Segmentasi ini guna untuk menaikkan daya jual produk-produknya, karena kita sendiri tahu tak sedikit produk Indonesia yang telah dibuat dan tak kalah canggihnya dengan produk import, namun untuk pengangkatan nama sendiri masih kurang.

 

5. Implementasi terhadap Diri Sendiri

 

Ayah saya seorang wiraswasta borongan, dan saya mengamati proses tawar menawar barangnya. Sebelum menerima pesanan ayah saya terlebih dahulu melihat apakah produk ini laku atau tidak di khalayak, apabila laku, ayah saya mengambil pesanan dan meminta upah jasa tinggi. Beliau juga memperhatikan sikap si produsen.

 

 http://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_pasar

http://sfebriana.blogspot.com/2013/06/segmentasi-pasar.html

http://tha2-chan.blogspot.com/2012/11/tugas-perilaku-konsumen-1-segmentasi.html

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :