KURNIA WIN ADZANY


Supposed to be worth!

Kriteria Segmentasi Pasar

KRITERIA SEGMENTASI PASAR DAN IMPLEMENTASINYA

 

1. KRITERIA SEGMENTASI PASAR YANG BAIK

 

Secara umum, adanya segmentasi pasar adalah untuk meningkatkan posisi kompetisi perusahan dalam upaya memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen. Untuk dapat membentuk dan menentukan suatu segmentasi dapat dilakukan dengan menyesuaikan kondisi yang paling relevan , dan dibutuhkan kriteria-kriteria yang harus dipenuhi.

 

a)      Dapat dijangkau (accessable)

Tidak semua segmen pasar dapat dijangkau oleh produsen. Adanya hambatan seperti transportasi, luas wilayah, jarak atau karena perilaku masyarakat tertentu, segmen-segmen pasar tersebut tidak atau belum dapat dicapai. Maka dari itu produsen harus mencari segmen pasar yang sekiranya mudah untuk dijangkau.

 

Implementasinya: Gadget sekarang adalah kebutuhan bagi setiap masyarakat. Oleh karena itu, produsen harus lebih pintar meletakkan barangnya di tempat yang strategis, dimana masyarakat benar-benar dapat menjangkau dengan mudah barang tersebut. Misalnya produsen gadget lebih luas menyebarkan barang dagangannya supaya produsen lebih mudah membelinya, contohnya perkotaan.

 

b)      Dapat diukur (measureable)

Produsen harus mampu menentukan daya beli masyarakat atas barang produksinya, ukurannya, dan keuntungannya.

 

Implementasinya:

Kebutuhan gadget antara masyarakat didesa dan dikota berbeda. Maka dari itu produsen seharusnya bisa memperhatikan dari perbedaan tersebut stok barang produksi yang harus dikirim, karena tentu profit dari produksi dikedua tempat tersebut berbeda.

 

c)       Memberikan keuntungan (profitable)

Produsen harus benar-benar memperhitungkan keuntungan yang akan dihasilkan oleh kegiatan produksi tersebut.

Implementasinya: Pada zaman sekarang, masyarakat cenderung memakai Android ketimbang dengan ponsel-ponsel biasa, oleh karena itu produsen berlomba-lomba untuk memproduksi android yang benar-benar mampu berkompetisi dibandingkan ponsel dengan tipe lama tersebut karena dengan memproduksi android, produsen tersebut akan memperoleh keuntungan yang besar karena masyarakat sangan berminat memakai android.

 

d)      Bisa dibedakan

Produsen harus memiliki ciri khas tersendiri dalam memproduksikan barangnya. Yang lebih penting, konsumen harus menciptakan satu keunggulan agar supaya konsumen merasa puas.

 

Implementasinya: Blackberry mempunyai cirri khas sendiri, yaitu mempunyai aplikasi messenger yang bisa disebut BBM. Karena cirri khas dan kreativitas inilah Blackberry akhirnya mendapat respon yang baik dari konsumen waktu itu.

 

e)      Fleksibel

Produsen harus melaksanakan produksi yang optimal untuk menggarap segmen-segmen tersebut. Sistem pelaksanaannya tidak hanya pada pihak produsen saja tapi juga harus dipikirkan pendistribusiannya.

 

Implementasinya: Seorang produsen toko pakaian selain harus menjaga kualitas pakaian yang dijualnya, juga harus memperhatikan bagaimana cara untuk menjual dagangannya secara efektif sehingga segmen-segmen pasar yang telah diaplikasikannya tersebut menjadi sebuah kegiatan produksi yang berhasil.

 

 

2. PENDAPAT SAYA MENGENAI KRITERIA SEGMENTASI PASAR

 

Saya berpikir sangat penting bagi produsen untuk menerapkan criteria-kriteria ini untuk kegiatan pemasaran mereka. Sebab, dilihat dari point-point yang telah dijelaskan diatas, bukan hanya criteria menurut saya, namun lebih kepada kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan produsen agar produksinya lebih efektif dan menghasilkan profit yang cukup besar.

 

3. Sumber

http://agung21winarto.wordpress.com/2010/12/20/kriteria-efektifitas-segmentasi-pasar/

http://hutantropis.com/tujuan-cara-membentuk-dan-kriteria-segmentasi-pasar

http://aprilia-dwi-fib13.web.unair.ac.id/artikel_detail-101873-Psikologi%20Pelayanan%20A-Teori%20Kepribadian%20Sigmund%20Freud%20dalam%20Perilaku%20Konsumen.html

 

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :