KURNIA WIN ADZANY


Supposed to be worth!

Teori Motivasi dan Arah Motivasi Bagi Perilaku Konsumen

Teori Motivasi dan Arah Motivasi Bagi Perilaku Konsumen

 

1. Teori Motivasi Kebutuhan


Dalam konsep Motivasi Maslow bahwa manusia tersebut memiliki 5 (lima) tingkat kebutuhan:

1.      Physiological needs
Kebutuhan yang paling dasar yang harus dipenuhi seorang individu.
Contoh: makan, minum, menjaga kesehatan, rumah (tempat tinggal).

2.      Safety and security need
Kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan pertama dipenuhi.
Contoh: keamanan.
3.      Social needs
Kebutuhan social yang mencakup perasaan. Dimana ia membutukan rasa untuk  diperhatikan, disayangi, dan dilindungi.

4.      Esteem needs
Kebutuhan yang mencakup pada keinginan untuk memperoleh harga diri yang bergantung pada keinginan akan kekuatan, kompetensi, kebebasan, dan kemandirian. Hal ini berhubungan dengan keinginan untuk berprestasi dan berkompetisi dengan orang lain. 

5.      Self-actualization needs
Keinginan menggunakan potensi yang dimiliki dan mengaktualisasikannya dalam bentuk pengembangan dirinya.

Selanjutnya adalah Teori Motivasi Herzberg
Frederick Herzberg (Hasibuan, 1990 : 177) mengemukakan teori motivasi dibagi menjadi dua faktor yaitu faktor higiene dan motivator. Dia membagi kebutuhan Maslow menjadi dua bagian yaitu kebutuhan tingkat rendah (fisik, rasa aman, dan sosial) dan kebutuhan tingkat tinggi (prestise dan aktualisasi diri) serta mengemukakan bahwa cara terbaik untuk memotivasi individu adalah dengan memenuhi kebutuhan tingkat tingginya.

Teori Kebutuhan Mcclelland

teori ini mengemukakan bahwa manusia memiliki motivasi untuk berprestasi, mendapatkan pengakuan dan pujian, karena motivasi sendiri dianggap sebagai suatu kebutuhan.


2. Pendapat Saya Mengenai Topik Ini

Semua orang mempunyai kebutuhan masing-masing dan mempunyai suatu dorongan tersendiri untuk memiliki suatu barang. Manusia akan melakukan apa saja untuk mendapatkan kebutuhannya, dan dari sinilah terdapat motivasi. Ketika motivasi sudah terbentuk, hal selanjutnya adalah mengarahkan motivasi tersebut sehingga tidak menimbulkan kekecewaan dan mengefektifkan konsumen dalam memiliki kebutuhan tersebut.
3. Implementasi Terhadap Diri Sendiri dan Masyarakat
Ketika seseorang ingnmembeli sebuabaju namun terhalang oleh harga baju tersebut yang sangat mahal, namun seseorang ini masih tetap berusaha untuk membelinya karena ia ingin terlihat cantik dengan memakai baju tersebut.  disinilah muncul arah motivasi tersebut bukan untuk memenuhi kebutuhan primer (berpakaian) namun juga untuk menarik diri.

Sumber

http://cynthiabanowaty14.blogspot.com/2012/11/teori-maslow-dan-herzberg.html

http://networkedblogs.com/zFRi8

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :