KURNIA WIN ADZANY


Supposed to be worth!

Kepedulian Sosial

1. Kepedulian Sosial Menurut Beberapa Sumber

Perlunya memiliki kepedulian sosial:
Karena kita hidup dalam sosialitas, maka perlu adanya interaksi saling peduli dan membantu. Sebab kita pun tidak bisa hidup dengan diri kita sendiri dan tidak membutuhkan bantuan orang lain.
Dampak Positif memiliki kepedulian sosial:

Terwujudnya sikap hidup gotong royong
Terjalinya hubungan batin yang akrab
Menumbuhkan kerukunan dan kebersamaan
Terjadinya pemerataan kesejahteraan
Menghilangkan jurang pemisah antara si miskin dan sikaya
Terwujudnya persatuan dan kesatuan
Menciptakan kondisi masyarakat yang kuat dan harmonis
Menghilangkan rasa dengki dan dendam
2. Kepedulian Sosial Menurut Diri Sendiri
Kepedulian Sosial adalah suatu motivasi dan naluri yang muncul dari dalam diri kita kepada suatu kondisi yang membuat hati kita tergerak untuk menyenangkan dan membantu masyarakat disekitar kita. Biasanya kepedulian sosial cenderung berhubungan dengan rasa empati dan simpati.

3. Implementasi Kepada Masyarakat

Sesuai dengan proyek implementasi saya yang mengusung tema kepedulian sosial, saya bersama kelompok saya tergerak untuk mengatasi pendidikan yang kurang diprioritaskan pada sebagian anak-anak. Awal mula rencana, kami berniat untuk meluangkan sedikit waktu dan ilmu untuk mengajar anak jalanan, namun sehubung di Surabaya sekarang keberadaan anak jalanan sudah sangat jarang kerena sudah terurus oleh pemerintah kota (Kalaupun masih ada mereka sangat susah untuk berpartisipasi sebab mereka tidak mempunyai minat sama sekali untuk belajar dan sangat memprioritaskan bekerja). Maka dari itu, kami mengubah target kita untuk mengajar anak-anak yang sebenarnya memiliki minat untuk belajar namun terhalang oleh kemampuan mereka dan keluarga yang tidak cukup mempunyai biaya untuk menunjang anaknya dengan privat atau bimbingan belajar.
Saya rasa kegiatan ini sangat membantu dan berguna bagi kedua pihak; Baik kami sendiri maupun anak-anak tersebut.
4. Implementasi terhadap diri sendiri
Saya rasa tidak terdapat implementasi yang dapat ditanamkan dari kepedulian sosial ini pada diri kita sendiri. Sebab kepedulian sosial sendiri menyangkut tentang hati nurani kita untuk membantu orang-orang disekitar kita. Namun menurut saya, yang harus dilakukan untuk menumbuhkan rasa kepedulian ini sendiri adalah selalu memandang orang orang yang membutuhkan bantuan disaat kita unggul dalam hal tersebut.
5. Sumber

http://karakter0809.weebly.com/definisi-kepedulian-sosial.html
http://pembelpai.blogspot.com/2011/01/bab-iii-kepedulian-sosial.html

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :