KURNIA WIN ADZANY


Supposed to be worth!

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi dan Peran Panca Indera dalam Proses Persepsi

A. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi dan Peran Panca Indera dalam Proses Persepsi

 

1. Faktor Internal (dari dalam individu)

-Fisiologis

Informasi masuk melalui panca indera, setelah itu informasi yang diperoleh ini  mempengaruhi dan menangkap arti terhadap lingkungan sekitarnya. Kapasitas indera untuk mempersepsi pada tiap orang berbeda-beda sehingga interpretasi terhadap lingkungan juga dapat berbeda.  Individu memerlukan energi yang akan dikeluarkan untuk memperhatikan atau memfokuskan pada bentuk fisik dan fasilitas mental yang ada pada suatu obyek. Energi tiap orang berbeda-beda sehingga perhatian seseorang terhadap obyek juga berbeda dan hal ini akan mempengaruhi persepsi terhadap suatu obyek.

 

-Minat

Ketertarikan Individu terhadap suatu hal

 

-Kebutuhan yang searah

Faktor ini dapat dilihat dari minat individu mencari  pesan yang dapat memberikan jawaban yang sesuai dengan apa yang sama dengat pemikirannya.

 

-Pengalaman dan ingatan

Pengalaman  tergantung pada ingatan dalam arti sejauh mana seseorang dapat mengingat kejadian-kejadian lampau untuk mengetahui suatu rangsang dalam pengertian luas.

 

-Suasana hati

Keadaan emosi mempengaruhi perilaku seseorang untuk melakukan ; menerima, bereaksi dan mengingat.

 

2. Faktor Eksternal (peran lingkungan dan obyek sekitar)


latar belakang keluarga, informasi yang diperoleh, pengetahuan dan kebutuhan sekitar, intensitas, ukuran, keberlawanan, pengulangan gerak, hal-hal baru dan familiar atau ketidak asingan suatu objek.


Peran Panca Indera dalam Proses Persepsi

Panca Indera digunakan sebagai penerima stimulus, disamping itu juga harus ada syaraf sensoris yang akan meneruskan stimulus tersebut dari susunan pusat syaraf otak pada pusat kesadaran.

 

B. Tanggapan Saya Mengenai Topik ini

Menurut saya persepsi seseorang lebih berpengaruh kepada pengalaman-pengalaman yang pernah ia rasakan sebelumnya. Pengalaman buruk dapat berdampak trauma dalam seseorang dan menimbulkan persepsi buruk terhadap hal yang dapat mengingatkannya kembali pada pengalaman tersebut, dan hal itu dapat ia tangkap melalui panca indera), pengalaman baik dapat menjadikan persepsi yang baik pula.

 

C. Implementasi pada diri sendiri

Saya melihat sebuah tas disebuah toko, tas tersebut berharga murah dan penampilannya pun menarik; disini saya mendapat persepsi, yaitu; bisa saja tas tersebut hanya baik tampilannya saja, dari harganya pun murah dan sangat tidak mungkin barang tersebut sebegitu murahnya namun mempunyai penampilan seperti tas-tas mewah lainnya. Sebelumnya saya pernah mendengar bahwa harga murah maka kualitas rendah (pengaruh pendengaran terhadap persepsi saya).

 

D. Persepsi terhadap Masyarakat

Handphone android kini digemari masyarakat karena terdapat simpang siur (atau bisa juga kenyataan) bahwa android sangat bermanfaat, menghibur, dan praktis. Disini kita lihat bahwa persepsi masyarakat bergantung pada panca indera pendengaran. Selain itu situs jejaring sosial yang kini marak dikalangan masyarakat juga dipengaruhi adanya kebutuhan yang sama dalam masyarakat tersebut. Sangat tidak mungkin apabila yang menggunakan jejaring sosial itu hanya satu orang saja? Pasti orang-orang lain juga ikut membuat akun sehingga disana mereka dapat berkomunikasi secara sosial.

 

E. Sumber


http://eprints.uny.ac.id/9686/3/bab%202.pdf

http://bahasa.kompasiana.com/2013/10/20/persepsi-pengertian-definisi-dan-factor-yang-mempengaruhi-600802.html


 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :