KURNIA WIN ADZANY


Supposed to be worth!

MOTIVASI DIRI

MOTIVASI DIRI

 

1. Pengertian Motivasi

Motivasi adalah sesuatu yang berasal dari dalam diri maupun dari luar seseorang yang membuat kita tergerak atau terdorong untuk mencapai seseutau yang diinginkan.

2. Pengertian Motivasi Menurut para ahli

-Motivasi Diri Menurut Abraham Maslow (1943-1970)

Abraham  Maslow  (1943;1970)  mengemukakan  bahwa  pada  dasarnya semua manusia memiliki 5 kebutuhan pokok yang dikenal dengan sebutan Hirarki Kebutuhan Maslow, dimulai dari kebutuhan biologis dasar sampai motif psikologis yang lebih kompleks; yang hanya akan penting setelah kebutuhan dasar terpenuhi.

1. Kebutuhan Fisiologis (Psychology Needs)

Kebutuhan fisiologis merupakan hirarki  kebutuhan manusia yang palingdasar  yang  merupakan  kebutuhan  untuk  dapat  hidup  seperti  oksigen,makan,minum, tempat tinggal, dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Rasa Aman (Safety Needs)

Apabila  kebutuhan  fisiologis  relatif  sudah  terpenuhi,  maka  munculkebutuhan yang kedua yaitu kebutuhan akan rasa aman. Kebutuhan akanrasa aman ini meliputi keamanan fisik, mental, psikologi, dan intelektual.

3. Kebutuhan Kasih Sayang/ Sosial (Social Needs)

Jika kebutuhan fisiologis dan rasa aman telah terpenuhi juga, maka akanmuncul  kebutuhan  sosial,  yaitu  kebutuhan  untuk  berinteraksi  denganlingkungan sekitarnya dan mendapatkan kasih sayang.

4. Kebutuhan Penghargaan (Esteem Needs)

Kebutuhan  ini  meliputi  keinginan  untuk  dihormati,  dihargai,  dan  diakuiatas suatu pencapaian maupun prestasi.

5. Kebutuhan Aktualisasi Diri (Self Actualization Needs)

Kebutuhan  ini  berkaitan  dengan  proses  pengembangan  potensi  yang sesungguhnya  dari  seseorang.  Kebutuhan  untuk  menunjukkankemampuan, keahlian dan potensi yang dimiliki seseorang. Teori  Maslow  mengasumsikan  kebutuhan  sesorang  yang  lebih  rendah seperti  kebutuhan  fisiologis  harus  dipenuhi  terlebih  dahulu  sebelum kebutuhan  yang  lebih  tinggi  seperti  aktualisasi  diri  mulaiterpenuhi. Maslow mengemukakan  bahwa yang terpenting  dari  teorinyaini, adalah bahwa kebutuhan yang telah dipenuhi memberi motivasi.

- Teori Motivasi Herzberg (1966)

Menurut  Herzberg  (1966),  ada  dua  jenis  faktor  yang  mendorong seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan dan menjauhkan diri dari ketidakpuasan. Dua faktor tersebut yaitu:

1) Faktor Higiene, memotivasi seseorang untuk keluar dari ketidakpuasan, termasuk  didalamnya  adalah  hubungan  antar  manusia,  timbal  balik,kondisi lingkungan, dan sebagainya (faktor ekstrinsik).

2)  Faktor  Motivator,  memotivasi  seseorang  untuk  berusaha  mencapai kepuasan,  yang  termasuk  didalamnya  adalah  pencapaian,  pengakuan, kemajuan tingkat kehidupan, dan sebagainya (faktor intrinsik).

- Teori Motivasi Douglas

McgregorDouglas McGregor mengemukakan dua pandangan manusia yaitu teori X(negatif) dan teori Y (positif).

- Teori Motivasi Vroom (1964)


Teori  dari  Vroom  (1964)  tentang  cognitive  theory  of  motivationmenjelaskan mengapa seseorang tidak akan melakukan sesuatu yang iayakini  ia  tidak  dapat  melakukannya,  sekalipun  hasil  dari  pekerjaan  itusangat  dapat  ia  inginkan.  Menurut  Vroom,  tinggi  rendahnya  motivasi seseorang ditentukan oleh tiga komponen, yaitu:

• Ekspektasi (harapan) keberhasilan pada suatu tugas

•  Instrumentalis,  yaitu  penilaian  tentang  apa  yang  akan  terjadi  jikaberhasil  dalam  melakukan  suatu  tugas  (keberhasilan  tugas  untukmendapatkan outcome tertentu).

• Valensi, yaitu respon terhadap outcome seperti perasaan posistif, netral,atau  negatif. Motivasi  tinggi  jika  usaha  menghasilkan  sesuatu  yangmelebihi harapanMotivasi rendah jika usahanya menghasilkan kurang dariyang diharapkan- Teori Achievement Mc Clelland (1961),  Teori yang dikemukakan oleh Mc Clelland (1961), menyatakan bahwa ada tiga hal penting yang menjadi kebutuhan manusia, yaitu:

• Need for achievement (kebutuhan akan prestasi)

•  Need  for  afiliation  (kebutuhan  akan  hubungan  sosial/hampir  samadengan soscialneed-nya Maslow)

• Need for Power (dorongan untuk mengatur)

- Teori Motivasi Clayton Alderfer ERG

Teori Alderfer dikenal dengan akronim “ERG” . Akronim “ERG” dalamteori Alderfer merupakan huruf-huruf pertama dari tiga istilah yaitu : E =Existence (kebutuhan akan eksistensi), R = Relatedness (kebutuhanuntukberhubungan  dengan  pihak  lain,  dan  G  =  Growth  (kebutuhan  akan pertumbuhan).


Jika  makna  tiga  istilah  tersebut  didalami  akan  tampak  dua  halpenting.  Pertama,  secara  konseptual  terdapat  persamaan  antara  teori atau model  yang  dikembangkan  oleh  Maslow  dan  Alderfer.  Karena “Existence” dapat dikatakan identik dengan hierarki pertama dan keduad alam teori  Maslow; “  Relatedness” senada dengan hierarki  kebutuhan ketiga dan keempat menurut konsep Maslow dan “Growth” mengandung makna sama dengan “self  actualization” menurut  Maslow.  Kedua,  teoriAlderfer  menekankan  bahwa  berbagai  jenis  kebutuhan  manusia  itudiusahakan pemuasannya secara serentak. Apabila teori Alderfer disimak lebih lanjut akan tampak bahwa :

• Makin  tidak  terpenuhinya  suatu  kebutuhan  tertentu,  makin  besar  pulakeinginan untuk memuaskannya;

• Kuatnya  keinginan  memuaskan  kebutuhan  yang “lebih  tinggi”  semakin besar apabila kebutuhan yang lebih rendah telah dipuaskan;Sebaliknya, semakin sulit  memuaskan kebutuhan yang tingkatnyalebih tinggi, semakin besar keinginan untuk memuasakan kebutuhan yangl ebih mendasar.Tampaknya  pandangan  ini  didasarkan  kepada  sifat  pragmatisme oleh  manusia.  Artinya,  karena  menyadari  keterbatasannya,  seseorang dapat menyesuaikan diri pada kondisi obyektif yang dihadapinya dengan antara  lain  memusatkan  perhatiannya  kepada  hal-hal  yang  mungkin dicapainya.

3. Fungsi Motivasi

Pada  garis  besarnya  motivasi  mempunyai  nilai-nilai  yangterkandung dalam system pembelajaran. Pembelajaran yang bermotivasi, menuntut kreatifitas dan imajinitas guru untuk mencari cara atu metode yang relevan dan serasi  guna menjaga motivasi  belajar  anak didiknya. Motivasi  juga  menentukan  tingkat  keberhasilan  dan  kegagalan  belajar anak didiknya.

Motivasi  juga  menentukan  tingkat  keberhasilan  dan  kegagalan  belajaranak didik. Pembelajaran yang bermotivasi, pada hakikatnya merupakanpembelajaran  yang  sesuai  dengan  kebutuhan,  dorongan,  motif,  minat yang ada pada anak didik. Oleh karena itu motivasi memiliki fungsi dalam proses pembelajaran. Fungsi tersebut antara lain:

1) Mendorong  timbulnya  perilaku  dan  perbuatan,  tanpa  motivasitidak akan timbul suatu perbuatan misalnya belajar.

2) Motivasi  berfungsi  sebagai  pengarah,  artinya  mengarahkan perbuatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

3) Motivasi  berfungsi  sebagai  penggerak,  artinya  menggerakkan tingkah laku seseorang. Besar kecilnya motivasi yang dibangun oleh  seseorang  akan  menentukan  cepat  atau  lambatnya pekerjaan yang diselesaikan.

 


4. Ciri-Ciri Motivasi

Berikut  adalah ciri-ciri  yang mengidentifikasi  adanya Motivasi  pada diri seseorang,

• Tekun menghadapi pekerjaan

• Tidak Mudah Putus asa atau ulet

• Senang bekerja sendiri

• Selalu semangat mengerjakan pekerjaan

• Bertanggung jawab atas pendapat yang dilontarkannya

• Tidak cepat menyerah untuk mewujudkan hal-hal yang telah diyakini

• Senang mencari dan memecahkan masalah

• Mengerjakan segala pekerjaan dengan tujuan memperoleh hasil yang paling baik.

 

5. Faktor Motivasi Diri

Dibawah ini adalah alasan-alasan timbulnya motivasi pada diri seseorang:

a. Cita-cita atau aspirasi Cita-cita  atau aspirasi  adalah suatu target yang ingin dicapai.  Cita-cita akan memperkuat motivasi belajar.

b.  Kemampuan Kemampuan ini meliputi beberapa aspek psikis yang terdapat dalam dirisiswa, misalnya  penghematan, perhatian, ingatan, daya pikir, fantasi.

c. Kondisi

Kondisi  yang  mempengaruhi  motivasi  di  sini  berkaitan  dengan  kondisifisik, kondisi psikologis, dan kondisi rohani (spiritual) seseorang.

d. Kondisi lingkungan

Kondisi  lingkungan  merupakan  unsur-unsur  yang  datang  dari  luar  diriseseorang.  Kondisi  lingkungan  yang  sehat,  kerukuan  hidup,  ketertiban pergaulan   perlu  dipertinggi  mutunya  dengan  lingkungan  yang  aman, tentram, tertib dan indah, maka semangat dan motivasi mudah diperkuat.

e. Unsur-unsur dinamis

Unsur-unsur  dinamis  adalah  unsur-unsur  yang  keberadaannya  dalam proses  yang  berjalan  tidak  stabil,  kadang-kadang  kuat,  kadang-kadang lemah dan bahkan hilang sama sekali. Misalnya keadaan emosi, gairah, situasi dalam keluarga dan lain-lain.

f. Upaya atau Usaha

Upaya  yang  dimaksud  disini  adalah  upaya  seseorrang  dalam mempersiapkan  diri,  memecahkan  masalah  yang  ada,  berinteraksi dengan dunia luar, mengevaluasi setiap kesalahan yang diperbuat, dansebagainya.  Bila upaya-upaya tersebut dilaksanakan dengan berorientasi pada  kepentingan  individu,  maka  diharapkan  dapat  menimbulkan motivasi.



6. Contoh di dalam kehidupan masyarakat

Seorang anak yang secara financialnya kurang mampu, akan memiliki motivasi  belajar  yang  cukup  tinggi  dilkarenakan  dia  sudah  melihat konsekuensi  apabila  tidak  belajar  dengan  baik.  Sehingga  kebanyakan siswa  yang  kurang  mampu  mempunyai  semangat  belajar  yang  cukup tinggi, walaupun dalam kemampuan ekonominya dia kurang mampu.


7. Motivasi di dalam diri sendiri


Saya  Bercita-cita  ingin  pergi  ke  luar  negeri,  khususnya  di  Guangzhuo, China. Saya akan melakukan apapun agar supaya bisa segera untuk pergi kesana. Saya berusaha untuk menabung, menyisihkan uang saku saya,dan belajar sedikit mengenai China. Saya melakukan hal tersebut karena di dalam diri saya, saya termotivasi untuk pergi kesana, dengan faktor-faktor  pribadi  yang  menjadi  alasan  saya  menginginkan  untuk  pergi  kenegara tersebut.

Jadi meskipun saya mengetahui bahwa apa yang saya cita-citakan itu susah, namun saya tetap memiliki keyakinan bahwa suatu hari saya akan bisa melakukannya karena saya mempunyai motivasi pada diri saya sendiri.

 

 

 


http://lh5.ggpht.com/-rJj7ieWDqTI/UY8FHEyZAPI/AAAAAAAAACk/w4GzmMjTPI8/s1600/eraz%2Bfadli%2B11.jpeg



Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :