KURNIA WIN ADZANY


Supposed to be worth!

Sumber Daya Konsumen

SUMBER DAYA KONSUMEN

 

 1.  PENGERTIAN SUMBER DAYA KONSUMEN MENURUT PRIBADI

Sumber Daya Konsumen adalah suatu kekayaan yang dimiliki konsumen untuk memutuskan membeli suatu produk, barang atau jasa guna memenuhi kebutuhannya. Besar kecilnya Sumber Daya Konsumen ditentukan oleh berapa pendapatan yang didapat konsumen itu sendiri. Tinggi rendahnya pendapatan mereka mempengaruhi pengeluaran mereka. 


2. SUMBER DAYA KONSUMEN MENURUT BERBAGAI SUMBER

Sumber daya konsumen adalah segala sumber daya konsumen yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian produk maupun jasa.  Ini berarti bahwa pemasar bersaing untuk mendapatkan uang, waktu, dan perhatian konsumen. Sumber daya lain, seperti energi, mungkin diperlukan untuk berbelanja dan konsumsi, tetapi uang, waktu, dan perhatian adalah yang utama. Bukan hanya jumlah waktu dan sumber daya ekonomi yang menentukan perilaku konsumen.

a. Macam-macam Sumber Daya Konsumen

1) Sumber Daya Ekonomi

Sumber Daya Ekonomi bisa disebut juga kekayaan atau pendapatan konsumen adalah segala sesuatu sumber daya yang dapat digunakan sebagai modal pembangunan ekonomi. Bisa sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Sumber Daya Ekonomi dibagi menjadi 3 macam:

- Sumber Ekonomi Individu

Penghasilan dan pendapatan yang dihasilkan oleh setiap individu. Digunakan untuk memenuhi kebutuhan individu tersebut.

- Sumber Ekonomi Keluarga

Hasil pendapatan atau penghasilan individu-individu yang terikat dalam suatu hubungan keluarga, lalu digunakan untuk memenuhi kebutuhan bersama dalam keluarga tersebut.

- Sumber Ekonomi Rumah tangga

Hasil pendapatan dari seorang kepala rumah tangga untuk mencukupi kebutuhan anggota keluarganya. Mencukupi kebutuhan istri dan anak-anak. Biaya pendidikan, makan, sandang, dan yang lainnya.

2) Sumber Daya Sementara

Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. Karena konsumen mayoritas semakin mengalami kemiskinan akan waktu. Namun masih ada sebagian waktu yang digunakan konsumen sebagai waktu santai atau senggang.

3) Sumber Daya Kognitif

Sumber daya kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan berbagai kegiatan pengolahan informasi. Sumber Daya ini digunakan untuk memilah apa saja barang yang akan dibeli oleh konsumen setelah mendapat informasi dari produsen. Misalnya memilah harga, kualitas, bagus atau tidaknya, dan awet atau tidaknya.

3. PENERAPAN DALAM MASYARAKAT

Tingginya tingkat kecanggihan gadget menjadikan barang apik tersebut menjadi seolah-oleh barang yang wajib dimiliki. Lihainya produsen memperkenalkan kecanggihan barang tersebut membuat konsumen berbondong-bondong ingin membelinya. Padahal gadget sendiri bukanlah kebutuhan primer. Untuk masyarakat yang memiliki finansial lebih, gadget sangatlah mudah dibeli. Namun bagi masyarakat yang memiliki finansial menengah, perlu dipikir lagi kegunaan barang tersebut. Disamping banyaknya manfaat gadget, banyak hal negatif yang harusnya lebih diperhatikan. Misalnya gadget bisa mengganggu waktu belajar mahasiswa, membuat kecanduan akan kemudahannya bersosialisasi di dunia maya, dan bisa menimbulkan kejahatan dan kriminal. Jadi intinya sangat dianjurkan untuk lebih berhati-hati ketika akan membeli sebuah barang atau jasa dari segi finansial, waktu, juga kegunaan.

4. PENERAPAN DALAM DIRI PRIBADI

Saya selalu memilah-milah mana yang harus saya beli. Saya akan sangat berhati-hati memperhatikan apakah barang yang akan saya beli berkualitas bagus, apakah harganya sesuai dengan pendapatan saya, dan apakah benta ini termasuk kebutuhan primer saya. Apabila saya mempunyai Sumber Daya Ekonomi yang lebih, maka saya bisa membeli barang-barang yang saya ingini walaupun itu bukan termasuk kebutuhan primer setelah kebutuhan primer itu semua sudah tercukupi. Saya juga selalu memperhatikan apakah barang ini menyita waktu saya atau tidak. Ketika membeli barang elektronik, saya akan memperhatikan betul apakah barang itu membuat waktu saya tersita atau justru berguna bagi kehidupan saya.

 

Sumber :

http://bamaandrew.wordpress.com/2013/11/23/vi-sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan/

http://boetarboetarzz.blogspot.com/2012/11/sumber-daya-konsumen.html




Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :